Diceritakan pada suatu masa ada orang bilang, "Bro, ada prospek usaha bagus nih. Jualan batu akik lagi oke! Profitnya bikin ngilerrr..." 

Photo by Nadine Shaabana on Unsplash

Lalu orang yang dibilangi kalimat tadi secara refleks terbawa pikiran. Jadi punya ide buat jualan batu akik. Siang-malam nggak tenang mikirin potensi usaha si akik. Gurih pikirnya.

Beberapa bulan berselang, ada hembusan kabar jika bisnis daster lagi menanjak. Lalu tergiurlah dengan potensi profit yang bisa dihasilkan dari usaha jualan daster. 

Apalagi bertepatan banget dengan situasi yang mengharuskan kerja dari rumah. Daster bakal lebih banyak kepake pas di rumah. Bisa menghemat waktu dandan kalo pas lagi ngantor dari rumah. Ide jualan batu akik pun ia tinggalkan di pojokan imajinasinya. 

Tak berapa lama, ia scroll Instagram. Nemu testimoni dari seseorang yang mengatakan kalau dia puas belanja mukena lukis dari sebuah brand lokal Instagram.com/mukenalarizka. Orang yang mudah tergiur itu pun penasaran, kepoin akun Instagram si penjual mukena lukisnya, hingga kepengen jualan mukena lukis yang sama juga.

Orang itu penasaran, lalu googling info, dan ketemulah website resmi Mukena Lukis tersebut, namanya Larizka.com.

Orang itu mikir semacam ini: "wah, bisa dapet tambahan pahala kalo jual mukena gini..."

DUARRR!!!

Orang itu kehilangan fokus. Banting setir dari si akik yang sudah lama ditinggalkan, daster pun demikian.

Tarik mundur sejenak.

Godaan bisa datang dari segala arah. Bahkan dari orang yang kita kenal sekalipun. Justru godaan terbesar malah yang versi itu. Karena orang yang ngomong adalah orang yang kita percaya, kemungkinan besar pemikiran kita akan mengiyakan info yang dia sampaikan. Namun, tetaplah keputusan ada di tangan kita sepenuhnya. 

Pastinya waktu terus berlalu. Tanpa fokus, kita akan kesulitan mendaki sampai puncak. Tanpa fokus, bisa-bisa masa depan berantakan. 

Sekian tahun waktu dilalui dengan percuma untuk gonta-ganti aktifitas, tapi nggak dapet apa-apa.

Untungnya, tadi hanya kisah fiktif belaka, namun kemiripan situasi dalam cerita bisa saja terjadi pada kehidupan nyata seseorang. Hehee...

Jangan lupa bahagia, ya.. :)

Wiradesa, 9 Januari 2022