Udah tahu info tentang Youtube Premium?


Kalo kamu terganggu iklan di sela-sela video yang kamu tonton, maka kamu butuh Youtube Premium.

Setelah melakukan riset sederhana, saya menemukan salah satu artikel yang membahas Youtube Premium. Tertanggal 9 September 2019 di situs idntimes.com, artikel selengkapnya bisa kamu baca di sini.

Di situs tersebut juga diceritakan mengenai sejarah Youtube Premium, negara mana saja yang udah bisa menikmati layanannya, berapa harga langganan Youtube Premium per bulannya.

Menurut idntimes.com, layanan Youtube Premium belum bisa dinikmati pengguna Youtube di Indonesia, tepatnya sebelum dan pada saat bulan September 2019. Pada saat artikel tersebut diunggah.

Well... Pada 18 November 2019, saya penasaran sama layanan Youtube Premium. Tiba-tiba saja gitu, dan yes, saya secara resmi berlangganan.




Pilihan harganya ada 2 macam, yaitu Rp 59.000 per bulan untuk 1 akun (Individual Membership) dan Rp 89.000 per bulan untuk 6 akun (Family Membership).

Cara bayarnya gimana?
Ada beberapa macam, bisa menggunakan kartu kredit / debit VISA, bisa pakai Paypal, bisa juga menggunakan pulsa operator di Indonesia. Saya memilih bayar pakai pulsa operator Smartfren.

Alhamdulillah, pas daftar saya mendapat gratis 3 bulan pertama. Jadi, pulsa Smartfren saya baru dipotong untuk bayar langganan Youtube Premium pada bulan ke-empat, 18 Februari 2020.

Lumayan banget dikasih bonus sama Youtube. Tiga bulan bukan waktu yang sebentar lho, ya...






Nah, update saat ini, pembayaran tagihan Youtube Premium saya arahkan ke kartu Jenius.

Mengapa?

Karena saya pengen ujicoba menggunakan Jenius BTPN yang kabarnya bisa dipakai untuk pembayaran aplikasi Google Play.


Ternyata bisa!

Tuh, cek saja lampiran screenshot di atas. Bahkan Jenius BTPN bisa dipakai untuk pembayaran di aplikasi iOS (tertulis APPLE.COM BILL), Netflix dan transaksi online produk digital luar negeri (tertulis Affinity Nottingham).

Berdasarkan info di laman resminya yaitu: https://www.youtube.com/premium, ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan.

Youtube Premium isinya mencakup apa aja?
Youtube
- Nonton jutaan video tanpa terganggu iklan
- Bisa download video buat ditonton secara offline di smartphone
- Mainin video di background sistem. Jadi tetap bisa mainin video meskipun sedang menjalankan aplikasi lain atau ketika layar terkunci

Youtube Music
- Mudah mengeksplor berbagai macam musik
- Dengerin musik bebas iklan
- Download musik untuk didengerin secara offline
- Mainin musik di background sistem. Jadi tetap bisa mainin musik meskipun sedang menjalankan aplikasi lain atau ketika layar terkunci

Youtube Kids
- Video bebas iklan dan bisa mainin video secara offline

Google Play Music
- Bebas biaya tambahan untuk negara tertentu

Gimana cara download video dan musik bisa digunakan?
Setelah mendownload video dan musik, maka bisa digunakan selama 30 hari ke depan tanpa terkoneksi ke internet

Apa maksudnya mainin di background sistem?
Jadi, pengguna tetap bisa memainkan video dan musik meskipun sedang memainkan aplikasi lain atau ketika layar smartphone sedang terkunci

Gimana caranya menghentikan layanan Youtube Premium?
Pengguna bisa menghentikan keanggotaan dengan cara mengunjungi www.youtube.com/paid_memberships, dan bisa kembali menikmati Youtube gratis. Pengguna bisa gabung Youtube Premium lagi di lain waktu

* * *
Sebagai pengguna, saya merasakan manfaat nonton video bebas iklan dan tetap bisa mainin video meskipun layar ponsel terkunci.

Males banget kan, kalo lagi fokus nonton video, eh tiba-tiba terinterupsi sama iklan. Apalagi iklannya ngagetin pake teriak-teriak segala. Buyar sudah konsentrasinya.

Kalau tentang bisa mainin video meskipun layar ponsel terkunci, saya juga seneng, nih. Karena kadang ada model video yang didengerin audionya aja udah cukup, tanpa perlu nonton videonya. Jadi lumayan tuh bisa menghemat baterai karena nggak nampilin video.

Untuk poin tersebut, memang ada aplikasi modifikasi Youtube yang bisa mainin di background sistem tanpa perlu berlangganan, tapi setahu saya aplikasi semacam itu nggak resmi, dan ragu sama keamanan aplikasinya. Mending pakai aplikasi resmi aja yang terjamin keamanannya.

Oh ya, ada juga tayangan Youtube Original di Youtube Premium. Tapi saya nggak kerasain manfaatnya. Setidaknya sampai saat tulisan ini saya bikin. Koleksinya masih sedikit, kurang update dan entah kenapa saya belum percaya untuk mencoba serial-serial originalnya Youtube.

Nah, menurut kamu, Youtube Premium layak dipakai?