Sekitar tahun 2009 saya memulai tulisan di blog legendaris kimsanada.wordpress.com. Menggunakan perpaduan antara 2 gadget, yaitu laptop bersistem operasi Linux dan ponsel pintar bermerk Samsung.

Merilis tulisan baru, saat itu, begitu menggairahkan buat saya. Kalo mau posting tulisan menggunakan laptop, maka nunggu waktu optimal ketika berada di kamar kost. Di luar itu, saya lebih sering ber-mobile-ria. Makanya saya deket terbiasa menggunakan hape sebagai alat produktifitas utama.

dokumentasi pribadi

Sembari mengingat kenangan itu, saya sedang menulis lagi di layar ponsel pintar dengan bentang layar sekitar 6 inchi. Bedanya, saya nggak mengetik di layar ponsel, melainkan menggunakan sebuah bluetooth keyboard.

Beberapa hari lalu saya memutuskan order benda satu ini. Berbekal dari riset sederhana dengan cara menonton video-video reviewer gadget di Youtube. Sampai akhirnya saya yakin untuk order. Saya cari di marketplace orange. Ketemulah tipe bluetooth keyboard yang udah komplit sama touchpadnya.

Judul produknya: 10 inch Wireless Bluetooth Keyboard  Lightweight Portable For iPad Samsung Xiaomi iPhone Colorful. Saya beli dengan harga Rp 162.000. Order pada tanggal 24 Juli 2021 sekitar pukul 9 malam, dan saya terima di tanggal 26 Juli 2021 sore hari. Produk tersebut dikirim dari Jakarta Utara. Kalo penasaran, silakan cari sendiri, ya...

Semua bluetooth keyboard yang saya riset di Youtube tidak memiliki touchpad, karena sang reviewer menggunakan bluetooth mouse.

Lalu, mengapa saya memutuskan membeli yang berfitur touchpad?

Karena saya merasa ringkas kalo di bluetooth keyboard-nya sudah tersedia touchpad. Kalo mau pake, bisa langsung pake aja. Nggak perlu ribet terlalu banyak barang.

Saya suka respon cepatnya bluetooth keyboard ini. Saya berharap, umur keyboard ini akan cukup lama. Namun ekspektasi saya nggak terlalu tinggi. Bisa berumur setahun aja udah alhamdulillah, udah bikin saya senang.

Dalam rentang waktu satu tahun, tentu sudah banyak karya yang bisa saya hasilkan melalui wasilah bluetooth keyboard ini. Aaamiin ya Allah.


Saya ujicoba keesokan hari setelah saya menerima paket bluetooth keyboard ini. Saya ketik beberapa kalimat sekitar waktu subuh. Silakan tonton video di atas.

Jadi, terimakasih sudah meluangkan waktu membaca.