Photo by NeONBRAND on Unsplash

 ...dan ya, menulis memang jadi aktifitas rutin saya setiap hari dalam rentang waktu belasan tahun lalu. Yang kini begitu penuh perjuangan untuk hanya membuat 1 tulisan. Seringnya malah keputus di tengah jalan ketika proses menulis.

Saya nggak mau menyatakan apa alasannya, karena itu alasan. Tidak menyelesaikan masalah. Masalahnya adalah mengapa saya tidak memulai menulis lagi.

Salah satu mental block yang bikin saya susah rutin nulis lagi adalah saya takut tulisan saya berdampak negatif. Mengundang komen jelek dan semacamnya.

Kalo mikirnya kayak gitu, ya otomatis nggak bakalan mulai menulis. Yakin, deh!

Kalo urusan teknis bikin blog, memindahkan blog dari wordpress ke blogspot, bahkan nyewa domain sendiri untuk ngeblog agar lebih profesional dipandang mata, alhamdulillah bukan hal yang sulit.

Namun, memang merutinkan menulis adalah sebuah perjuangan besar tersendiri buat saya.

Dengan saya menulis ini, maka saya memuntahkan sedikit demi sedikit hal yang mengganjal di kepala saya selama ini. Alhamdulillah, ketika tulisan ini sampai di sini, saya semakin merasa plong di kepala.

Buatlah tulisan dengan sesimpel mungkin. Kamu bisa belajar dari tulisanmu sendiri. Dari waktu ke waktu, kalau seseorang sering berlatih, maka ia akan semakin terlatih (tentu saja). Ibarat, latihan beban. Tadinya bisa 5 kg, kalo dilatih terus setiap hari, maka 10kg pun bisa diangkat dengan mudah.

Saya bilang ke diri sendiri: "Ingat, Kim! Kamu bukan siapa-siapa. Nggak perlu takut untuk menulis. Tumpahkan saja pemikiranmu, pengalamanmu dan hasil pencarianmu atas sebuah hal. Biar menjadi dokumentasi hidupmu. Jika pun bermanfaat buat orang lain, itu bonus untukmu, Kim!"

Alhamdulillah, tenang...

Wiradesa, 14 Desember 2021