Main ke Gembira Loka Zoo (2022)

"Terakhir kali berkunjung ke kebon binatang itu kapan, ya?", tanya saya dalam hati.

Kayaknya waktu saya masih kecil, deh. Pas piknik anak sekolah atau pas bareng sekeluarga, ya? Saya jadi ragu sama ingatan saya sendiri. Agak lupa pastinya kapan. Tapi yang pasti udah lamaaa banget!

Dok. Pribadi

Hingga akhirnya datanglah hari Ahad, 23 Januari 2022. Tetiba mamanya anak-anak ngasih usulan untuk main ke kebon binatang. Tentunya yang terdekat dari lokasi Puri Cempaka Guest House, tempat kami sekeluarga menginap untuk keperluan pernikahan adik saya di hari sebelumnya.

Disebutlah nama Gembira Loka Zoo. Situs resminya: https://gembiralokazoo.com/. Nama yang terdengar sangat familiar. Sebagai orangtua, tentu kepengen memperlihatkan berbagai macam satwa ke anak-anak, mumpung mereka masih kecil. Biasanya anak-anak itu sangat antusias terhadap hewan.

Sumber: https://www.instagram.com/glzoojogja/

Dari penginapan ke Gembira Loka Zoo sekitar 30 menit. Harga tiket di hari libur / akhir pekan Rp 75.000/orang, sedangkan kalo di weekday tiketnya Rp 60.000/orang. Sekitar jam 12 siang kami sampai di lokasi.

Dok. Pribadi

Begitu masuk ke lokasi kebon binatang, saya nggak menemukan peta daleman Gembira Loka. Bayangan saya tuh ada peta khusus yang memperlihatkan posisi hewan ini-itu di sana dan di situ. Atau memang saya aja yang nggak becus mencari peta yang saya maksud.

Karena tanpa pedoman peta posisi hewan tersebut, saya merasa sedang berjalan tanpa tujuan. Hanya berjalan mengikuti arus pengunjung saja. Ngikut orang-orang lain jalan kemana, melihat apa. Atau ketika kami melihat ada papan petunjuk nama hewan yang kira-kira menarik untuk dilihat, ya kami menuju ke sana. Tapi saya merasakan berjalan tanpa peta, jadi kurang terencana mau kemana aja.

Seperti halnya hidup, kalo tanpa rencana yang jelas, aktifitas harian tentu monoton seperti ngikutin arus aja, nggak jelas. Bisa-bisa boros waktu karena ketidakjelasan tujuan dan bagaimana menuju tujuan tersebut.

Akhirnya saya berusaha menyatu dengan keadaan. Pasrah.

Setelah melihat bagian Petting Zoo yang berisi kuda poni, keledai, dan kambing Ceko, kami berjumpa dengan kereta yang semacam mobil odong-odong. Yang memang diperuntukkan sebagai alat transportasi bagi pengunjung Gembira Loka. Karena lumayan bisa menghemat tenaga kaki, maka naluri instingtif kami otomatis memilih naik si kereta.

Dari kereta yang berjalan, kami bisa menyaksikan beberapa hewan seperti gajah, lalu semacam banteng yang bertanduk panjang ke atas.

Hingga akhirnya kami berhenti di pos yang dekat dengan wahana naik kapal. Wahana ini sudah termasuk dalam harga tiket masuk, jadi nggak ada biaya tambahan lagi. Kami sekeluarga mengantri untuk naik wahana kapal ini.

Ombaknya benar-benar besar, mungkin karena ada jetski yang berlalu lalang. Berasa berada di lautan yang ombaknya guede. Goyangan kapal mengalahkan goyangan biduan.

Usai naik kapal, kami lanjut naik kereta lagi, dan berhenti di pos harimau. Kami turun dan menelusuri jalan mencari sang hewan buas satu itu.

Singkatnya, sekitar jam 14.30 WIB kami memutuskan untuk menuju pintu keluar. Rasanya sudah cukup mengunjungi Gembira Loka Zoo hari itu. Perut sudah keroncongan, kaki sudah kelelahan. Bersegeralah kami mencari pintu keluar, yang ternyata harus kami tempuh dengan berjalan kaki. Bagus....! Hahaha...

Puas bagi saya dan istri yang udah nganterin anak-anak agar memiliki pengalaman masa kecil bersama berbagai macam satwa. Harapan kami, ketika mereka udah lebih gede, rencananya mau kami ajak ke kebon binatang lagi. Biar punya pengalaman lebih banyak lagi.

Mohon doanya, Sob! Semoga rencana tersebut berjalan lancar di kemudian hari. Aaamiin.

Jadi, terimakasih udah membaca cerita saya hari ini.

Wiradesa, 24 Januari 2022

https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEi20lfnow3QxP3Kc-J97UjazD-A6Rmlw2zsWiEtWELV9fxwTi5ziEoaqksJpcNF5osZygSDl-dUUkv0iYgkarvFHqdTTy7n_hFdYLSDtzyXe4H6hhHEoSVRXuF_e6h-o-P7yo8ZoF0KCSLPG0n2mEKgZWL_-weYvfWWDQnUgspQxLuSAuVUz72nZFidrg=s16000
https://shp.ee/bpf6c9h
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhD0Eq7xBQ7tIFbIK7Q_ECgIN6RtBZmrjR9YqggvtcsZ1CoHXwNN9jIsBMKBq03Zya3OntDoqh5E-nEGOnJX7nKl6fpqanGh9_DJV1IqQCUl3UkdtugmLBieSak_Pq-ahg6VdfxcaSCLmJJob8e2ndhYblPOVR0ejd3wIC-6qGxS2rorSdmueB1gpkRzA=s16000
https://shp.ee/m8bycch
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhMHrequR_uiFqHUSPt2thla2lqOVUNoui7mo8a0RoSEJ11oovhPG4cQSxMs2ltpJ5FZcuZg59zkwasw7EWVTL7xyNLsB3KjN5wztNTU4ETP_K9wI9FjqeMfZr4becfFFc7xKjiLuIA9IBihgRbo98bVwbu_T09Lh6OZbG0PSN2aLK2q5ZKwyqPoMJn0Q=s16000
https://shp.ee/6p8qtih
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgjJ6RZa4pWp-Tb7MaMnnsm-M7-RX3ho3v0o2WMDZMWHpsjY8p-KGJwUw8n4Ip2mVIpAsDT6kFhsMd433EisJCycOjTTt0i_AzcctOSV_i5gxi94W-MrUQgLmsdg9sw2rAOlSSWnayIXB63EwI4H1HdExTGwYmtm4H5RgUN5sj1tWniSQQ7Qu6CODx5uw=s16000
https://shp.ee/uap8v7h

Posting Komentar

0 Komentar